Jumat, 08 Juni 2012

Menetapkan dan Memenuhi Tujuan-Tujuan yang Realistis

Saya menyadari di awal karir trading saya bahwa salah satu karakteristik utama di dalam hampir semua trader yang sukses adalah mereka semua sangatberorientasi pada tujuan.

Bahkan, saya tidak tahu apakah anda sudah menyadarinya, tujuan membuat seseorang melakukan hal yang terbaik yang bisa ia lakukan. Seseorang akan beradadalam penampilah terbaiknya apabila ia memiliki tujuan yang jelas dalam pikirannya. Beginilah caranya pikiran manusia bekerja. Apabila kita punya tujuan yang jelas dalam pikiran kita, alam bawah sadar kita bekerja sangat keras untuk membantu kita mencapai tujuan tersebut. Hal itu terjadi secara otomatis, tanpa harus melawan kegunaan keinginan. (Ini adalah sesuatu yang anda akan pelajari lebih banyak pada saat anda mulai mempelajari psycho-cybernetics lebih mendalam).
 
Tetapi itu hanyalah satu hal. Anda mungkin memiliki tujuan yang jelas dalam pikiran anda, tetapi tujuan tersebut harus memiliki tiga karakteristik penting, yaitu:
  1. Tujuan anda harus realistis. 
  2. Tujuan anda harus dapat dicapai. 
  3. Tujuan anda harus dapat diukur.

Tujuan anda harus realistis. Ini berarti tujuan anda haruslah sesuatu yang sesuai dengan kemampuan anda. Tentu mungkin saja menghasilkan jutaan dolar dalam tahun pertama anda trading, tetapi mungkin hal itu tidak terlalu realistis karena hal tersebut belum sesuai dengan kemampuan anda.
 
Tujuan anda harus dapat dicapai. Hal ini serupa dengan tujuan yang realistis. Sekali lagi, tujuan anda harus sesuai dengan kemampuan anda. Contohnya apabila anda ingin mendapatkan rata-rata USD 250- USD 500 per hari dari perdagangan independen anda. Tujuan tersebut lebih mungkin dipenuhi dibandingkan tujuan membuat setengah juta dolar dalam tahun tersebut. Jangan salah, apabila anda mencapai hasil yang baik dengan tujuan anda saat ini, tidak ada alasan anda tidak bisa menaikkan tujuan tersebut. Tapi anda harus mulai dengan tujuan yang mungkin anda capai dan mulai membangunnya. Saya sangat menyarankan anda memulai dari tujuan yang kecil dan membesarkannya.

Tujuan anda harus dapat diukur. Ini adalah kesalahan yang paling sering saya lihat dari seseorang. Semua orang ingin menjadi kaya atau mendapatkan keuntungan dari pasar. Hal itu menjadi tujuan setiap orang. Tetapi asal anda tahu saja, hal itu bukan merupakan tujuan yang sesungguhnya. Sebuah tujuan harus dapat diukur. Anda harus tahu apakah anda masih jauh, dekat atau apabila anda telah mencapai tujuan tersebut. Apabila tujuan tersebut tidak dapat diukur, anda tidak bisa tahu apakah anda telah mendapatkannya atau belum. Lebih parah lagi, anda tidak pernah tahu seberapa dekat anda dengan pencapaian tujuan anda.
 
Pada saat saya pertama kali bekerja di dunia trading, saya menghabiskan banyak waktu berbicara kepada trader-trader lain tentang bagaimana mereka menghasilkan uang di pasar. Tampaknya semakin banyak saya berbicara kepada para trader, jawaban-jawaban mereka kedengaran semakin sama. Penetapan tujuan yang realistis dan dapat diukur sangatlah penting untuk mencapai kesuksesan dalam trading. Bahkan hanya berusaha menghasilkan uang setiap hari (tanpa tujuan) adalah jalan menuju kegagalan.
 
Semakin sukses trader yang saya ajak bicara, semakin mereka menekankan pentingnya penetapan tujuan dalam pencapaian kesuksesan. Tapi anda perlu membawanya selangkah lebih maju. Tidak hanya anda membuat tujuan yang realistis dan dapat diukur, anda juga harus memvisualisasikan diri anda mencapai tujuan tersebut setiap hari.
 
"Sama pentingnya dengan menetapkan tujuan yang spesifik, anda harus memvisualisasikan diri anda mencapai tujuan tersebut dengan sukses setiap hari. Apabila anda tidak bisa melihat diri anda (dalam pikiran) sebagai seseorang yang sukses, anda tidak mungkin menjadi sukses. Hal tersebut tidak akan terjadi!"

Saya ingat beberapa nasihat yang saya dapat dari beberapa trader independen yang sukses sejak dulu, "Sama pentingnya dengan menetapkan tujuan yang spesifik, adalah memvisualisasikan pencapaian tujuan tersebut dengan sukses dalam pikiran anda setiap harinya. Apabila anda tidak bisa melihat kesuksesan dalam pikiran anda, maka anda tidak akan mencapai kesuksesan. Kesuksesan anda tidak mungkin terjadi!"
 
Kita akan berbicara lebih jauh lagi tentang teknk visualisasi. Tetapi saya harap anda mengerti betapa pentingnya memiliki tujuan yang spesifik agar anda bisa melihat bagaimana kemajuan anda dan cepat memutuskan apabila ada hal yang harus diubah.
 
Saya ingin berbagi pengalaman, saat-saat dimana saya melakukan trading dengan baik dan menghasilkan banyak uang, adalah ketika saya memfokuskan diri secara total kepada tujuan saya yang spesifik. Dan, di sisi lain, saat-saat buruk saya dalam trading adalah ketika saya kehilangan arah dari tujuan saya dan saya tidak melihat tujuan saya sejelas yang seharusnya saya lihat.
 
Dan anda tahu? Hal tersebut terlihat dalam hasil yang saya capai setiap saat. Semakin anda melatih menetapkan tujuan yang realistis, semakin mudah anda mencapainya secara konsisten.
 
Sebagai tambahan, saya kenal seseorang yang mengajari orang lain untuk berdagang S&P Futures. Salah satu pelajaran yang dia ajarkan kepada muridmuridnya adalah untuk membuat USD 250 per hari selama 20 hari berturut-turut. Anda mungkin mengatakan bahwa USD 250 bukanlah merupakan jumlah yang banyak untuk dihasilkan dalam sehari perdagangan S&P Futurues, tetapi inti utamanya adalah agar murid-muridnya belajar untuk memiliki tujuan yang realistis, dapat diukur, dan dapat dipenuhi. Saat mereka telah memenuhi tujuan yang dapat dikur tersebut, mereka bisa berusaha untuk memenuhi tujuan yang lebih besar. Seperti hal lain, anda harus memulai dari hal yang kecil dan secara perlahan membuat tujuan anda lebih besar.
 
Sebagai tambahan, kebanyakan dari muridnya sukses mendapat USD 250 per hari selama 20 hari berturut-turut. Setelah mereka memenuhi tujuan tersebut, mereka siap untuk sedikit memperbesar tujuan mereka, tentu saja selama tujuan yang baru tersebut masih dapat dikur dan realistis. Seperti hal lainnya, penetapan tujuan menjadi lebih mudah melalui banyak pengulangan dan latihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar