Jumat, 27 Juli 2012

Money Never Sleep

Pasar selalu bergerak. Ia tidak pernah berhenti. Pasar mungkin melambat dan berhenti sebentar, tetapi ia tidak pernah berhenti bergerak. Bahkan pada saat pasar tutup, harga-harga masih bergerak, dimana mereka bisa dibuka dengan harga yang berbeda pada saat mereka ditutup malam sebelumnya. (hal ini benar adanya karena pasar dibuka selama 24 jam).
 
Tiga pikiran mudah tentang masuk, keluar, dan tidak berdagang menjadi lebih sulit karena tidak ada akhir yang sebenarnya. Andalah yang menentukan akhir tersebut.
 
Dalam perdagangan yang menguntungkan, anda harus menentukan apakah anda telah cukup menghasilkan. Kebanyakn orang membiarkan ketamakan menguasai mereka. Orang-orang ini terjebak dalam pikiran bahwa keuntungan berapapun masih belum cukup. Apabila mereka mendapat keuntungan sebesar USD 50, mereka marah karena tidak bisa menghasilkan USD 100. Jika mereka mendapat USD 500, mereka ingin USD 600. Seorang yang tamak tidak pernah bisa merasa puas. Tidak peduli berapa banyak yang mereka hasilkan, hal itu tidak akan pernah cukup.
 
Di sisi lain, dengan perdagangan yang rugi, seorang yang tamak tidak ingin menghadapinya karena hal itu berarti kegagalan. Jadi orang ini bertindak seakan-akan kerugian tersebut tidak ada dengan meyakinkan diri mereka bahwa pasar akan berbalik dan menghasilkan keuntungan bagi mereka. Hal tersebut belum terjadi ini adalah karakteristik yang sangat berbahaya bila dimiliki para trader. Tanpa pertanyaan, sikap seperti ini akan membawa anda ke dalam kegagalan lebih cepat dari apapun. Seorang yang sangat tamak tidak bisa sukses di dalam lingkungan trading.
 
Pertanyaannya “Apakah ini sudah cukup?” menyebabkan banyak orang menghadapi masalah yang sangat penting bagi mereka. Tetapi masalah-masalah ini tidak ada hubungannya dengan pergerakan pasar atu potensi pasar bergerak ke arah tertentu. Masalah-masalah tersebut adalah:
  1. Apa dan kenapa saya butuh uang?
  2. Apakah saya mampu kehilangan uang ini?
  3. Berapa besar percaya diri saya dalam perdagangan?
  4. Seberapa penting uang ini bagi saya?

Masalah-masalah ini sulit untuk dilawan karena ia akan mempengaruhi opini dan obervasi anda terhadap pasar. Masalah-masalah ini adalah masalah personal yang sering menggangu anda dan seringkali mempengaruhi keputusan anda di dalam pasar, tetapi hal itu tidak seharusnya karena maslah-masalah tersebut tidak ada hubungannya dengan seberapa jauh pasar akan bergerak.
 
Mari berpikir sejenak, contohnya kenyataan bahwa anda hanya memiliki sisa USD 420 di dalam rekening anda tidak ada hubungannya dengan apakah pasar akan bergerak ke arah tertentu? Tidak, tentu saja tidak. Apakah keinginan anda untuk membeli sebuah lukisan ada hubugnannya dengan apakah posisi anda sekarang berpeluang untuk menghasilkan uang untuk membeli lukisan tersebut? Tentu tidak!

Tetapi masalahnya adalah banyak orang yang terganggu faktor tersebut pada saat mereka berdagang. Masalah-masalah diatas menjadi faktor yang menentukan apakah orang tersebut harus masuk atau keluar dari pasar. Dan seperti yang anda lihat, ini adalah kesalahan besar. Pasar tidak tahu atau peduli apakah anda menghasilkan uang atau tidak. Pasar tidak tahu atau peduli alasan kenapa anda butuh uang.
 
Inilah sebabnya mengapa anda sering mendengar banyak trader sukses berkata berdaganganglah sesuai dengan jumlah uang yang mampu anda hilangkan. Dengan kata lain, anda akan berada dalam posisi terbaik apabila anda tidak terlalu bergantung pada uang tersebut. Jadi masalah-masalah yang menggangu pandangan anda terhadap pasar akan lebih mudah diselesaikan.
 
Tetapi disisi lain, apabila anda menggunakan uang untuk membayar cicilan rumah dan uang kuliah anak anda untuk trading, kekhawatiran akan terus muncul dan mempengaruhi penilaian anda yang menyebabkan anda tidak bisa melihat kesempatan yang ditawarkan pasar dengan jelas.
 
Alasan membuka posisi dalam pasar harus lah karena anda merasakan adanya potensi bahwa pasar akan bergerak ke arah tertentu dan anda bisa mengambil keuntungan dari pergerakan tersebut. Inilah satu-satunya alasan untuk masuk atau keluar dari pasar. Masuk ke pasar karena anda butuh uang untuk liburan tidak akan pernah berhasil! Tolong camkan itu.
 
Yang lebih sulit lagi, “permainan” hanya dimulai saat anda masuk dan berakhir saat anda keluar dari pasar. Ini adalah kebebasan yang sangat banyak yang bisa dimiliki seorang. Anda bebas berpartisipasi kapanpun anada mau.
 
Anda bisa masuk karena alasan apapun yang bagus bagi anda. Anda bisa masuk ke pasar karena anda melihat bagan sinyal yang terpercaya, atau anda bisa masuk karena diluar sedang hujan. Tidak ada yang bisa melarang anda berpartisipasi apabila anda ingin, karena alasan apapun. Atau seperti yang telah kita bicarakan, anda bisa masuk ke pasar karena anda pikir perdagangan ini akan menghasilkan cukup uang untuk membawa keluarga anda ke Disney World. Tidak ada yang bisa menghentikan anda.
 
Hal yang sama terjadi saat anda keluar dari perdagangan. “Permainan” hanya berhenti saat anda memutuskan untuk berhenti. Selain dari pialang anda mengeluarkan anda dari posisi karena anda sudah kehabisan uang, anda harus menentukan jika cukup adalah cukukp dan inilah waktunya untuk keluar. Sekali lagi, ini adalah kebebasan yang banyak yang bisa dimiliki seseorang. Di dalam kebanyakan kasus, khususnya bagi trader baru, kebanayakan orang tidak pernah mengalami kebebasan sebesar itu dalam hidupnya.
 
“Hal terpenting yang bisa anda pelajari disini adalah anda harus membuat keputusan pasar anda hanya berdasarkan apa yang dilakukan dan diperlihatkan pasar kepada anda. Ini adalah satu-satunya cara untuk menjadi sukses. Apabila anda membuat keputusan karena faktor luar (seperti seberapa butuh anda terhadap uang tersebut, atau kenapa anda membutuhkan uang tersebut), penilaian anda akan terpengaruh dan akan lebih sulit bagi anda untuk melihat kesempatan bagus yang menghasilkan keuntungan.”
 
Hal terpenting yang bisa anda pelajari disini adalah anda harus membuat
keputusan pasar anda hanya berdasarkan apa yang dilakukan dan diperlihatkan pasar kepada anda. Ini adalah satu-satunya cara untuk menjadi sukses. Apabila anda membuat keputusan karena faktor luar (seperti seberapa butuh anda terhadap uang tersebut, atau kenapa anda membutuhkan uang tersebut), penilaian anda akan terpengaruh dan akan lebih sulit bagi anda untuk melihat kesempatan bagus yang menghasilkan keuntungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar