Selasa, 17 Juli 2012

Paradoks Waktu dan Uang

Kebanyakan dari kita berpikir bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan, semakin banyak pula uang yang dihasilkan. Hal ini tidak berlaku di dunia trading. Seorang trader bisa menghasillkan ribuan dolar dalam hitungan menit atau bahkan detik dengan usaha yang sangat sedikit. Hal ini sangat berlawanan dengan yang dipikirkan kebanyakan orang tentang apa yang dibutuhkan untuk menghasilkan uang. 

Kebanyakan orang percaya bahwa untuk menghasilkan uang (khususnya dalam jumlah besar), butuh banyak waktu dan usaha. Pada saat saya mulai trading, teman dan keluarga saya tidak bisa mengerti bagaimana dalam hanya hitungan menit saya bisa mengalami ribuan dolar keuntungan atau kerugian. Orang tidak menghasilkan ribuan dolar dalam hitungan menit. Butuh berminggu-minggu. Setidaknya di kebanyakan bisnis.

Bagi kebanyakan orang, kemungkinan untuk menghasilkan atau kehilangan uang secepat itu adalah suatu hal yang tidak pernah mereka bayangkan. Tetapi bagi seorang trader, ini adalah sebuah hal yang harus kita alami tiap hari. Untuk menjadi seorang trader yang sukses, anda harus terbiasa dengan hal tersebut.

Masalahnya adalah kebanyakan orang mengalami konflik mental terhadap situasi seperti ini. Karena cara didikan kita, kita sering bertanya apakah kita pantas menghasilkan begitu banyak uang secepat itu. Di banyak kasus, kita sering terkaget-kaget dengan betapa cepatnya uang tersebut kita hasilkan sehingga hal tersebut menjadi tidak tampak benar (legal). Hal ini bisa menyebabkan dua masalah serius.

Masalah pertama adalah masalah yang besar. Apabila anda secara tidak sadar merasa anda tidak pantas menghasilkan uang sebegitu cepat, anda akan mengalami kegagalan yang cepat, alam bawah sadar anda akan berkata, “Hey, anda tidak mungkin menghasilkan uang secepat itu! Kita sebaiknya mencari cara untuk mengembalikan uang itu!”

Dan percaya atau tidak, anda akan berakhir melakukan hal itu saja. Inilah kekuatan dari alam bawah sadar kita. Apabila anda punya kepercayaan akan kemampuan diri anda, alam bawah sadar anda akan berusaha untuk membuat kepercayaan tersebut menjadi nyata. Singkatnya, apabila anda menghasilkan keuntungan besar dalam waktu yang singkat, anda akan menemukan cara untuk mengembalikan uang tersebut karena dalam hati anda merasakan menghasilkan uang dalam waktu yang cepat bukanlah hal yang benar. Mungkin terasa hebat dan senang menghasilkan uang dalam waktu yang sangat cepat, tetapi di jauh di dalam alam bawah sadar anda, hal tersebut terasa tidak benar. Dan alam bawah sadar anda yang sangat kuat akan mengalahkan alam sadar anda dan menemukan cara untuk mengembalikan uang yang anda pikir tidak pantas anda dapatkan.

Masalah kedua dari konflik mental disini bisa menyebabkan seseorang berada dalam pasar terlalu lama. Ini yang akan terjadi:

Seseorang masuk kedalam perdagangan dan karena beberapa alasan perdagangan tersebut langsung memberikan keuntungan baginya. Ia membuat ribuan dolar dalam hanya beberapa menit. Ini adalah hal yang baik, tapi masalah muncul pada saat ia merasa bahwa perdagangan ini bisa menghasilkan lebih banyak lagi. Ia merasa seperti ini karena pasar bergerak ke arah yang ia inginkan dengan sangat cepat sehinga ia merasa pasar akan terus bergerak sesuai dengan arah yang ia inginkan.

Ya, kita tahu pasar tidak melakukan apa-apa. Perintah jual dan beli yang menyebabkan adanya pergerakan pasar. Saya melihat situasi ini setiap kali. Salah satu hal yang harus anda sadari dari trading adalah pasar bisa mengambil keuntungan secepat ia memberikan keuntungan pada anda. Karena fakta ini, anda musti melindungi perdagangan anda. Tentu saja hal itu berarti anda harus menggunakan stop loss untuk mengunci keuntungan. Tetapi hal itu juga berarti anda harus melindungi diri anda secara mental.

Hanya karena pasar memberikan anda keuntungan sebesar $1000 dalam 2 menit, hal itu tidak ada hubungannya dengan apakah pasar akan terus bergerak ke arah yang sama. Tidak ada hubungannya!”

Tetapi banyak orang terjebak dalam pikiran bahwa pasar akan melakukan hal tersebut. Ini adalah keselahan besar. Singkatnya, katakanlah persediaan S&P 500 Futures anda tinggal sedikit. Segera setelah itu, permintaan jual yang sangat besar datang untuk menjual 2000 kontrak di pasar. Permintaan seperti ini membuat pasar seperti kejatuhan batu. Setelah permintaan tersebut terpenuhi, anda memiliki keuntungan sebesar $2500 hanya dalam hitungan menit. Anda sadar kejatuhan harga saham yang begitu cepat disebabkan karena pasar sebentar lagi akan mengalami kehancuran. Tapi hal ini tidak selamanya benar. Bahkan, hal yang berlawanan terjadi, tanpa penjualan lebih lanjut, pasar bersiap untuk kembali keatas dan membawa serta keuntungan anda dengannya.

Satu-satunya cara untuk menghadapi situasi ini adalah dengan siap secara mental akan kejadian-kejadian seperti itu, karena hal tersebut akan terjadi. Daripada menjadi sangat yakin bahwa pasar akan berperilaku tepat seperti apa yang anda inginkan (bergerak ke arah yang anda inginkan), anda harus mempersiapkan diri akan kemungkinan pasar melakukan hal apa saja (seperti misalnya mengambil keuntungan anda secepat anda mendapatkannya).

Dengan siap secara mental akan situasi seperti ini, anda bisa bertindak sesuai dengan kepentingan utama anda dengan tidak membiarkan keuntungan anda hilang begitu saja. Tentu saja, dalam situasi seperti di atas pasar bisa saja bergerak ke arah yang anda inginkan. Tetapi hal yang paling penting yang perlu anda pikirkan adalah apa yang harus anda lakukan apabila pasar tidak bergerak ke arah yang anda inginkan. (misalnya dengan menggunakan stop loss, melindungi setengah dari posisi anda apabila anda memperdagangkan beberapa posisi, dsb.).

Ingatlah, bertindak sesuai dengan kepentingan utama anda untuk melindungi diri jauh lebih penting dari memenangkan suatu perdagangan. Jangan terjebak dalam pikiran bahwa pasar akan terus bergerak apabila ia telah bergerak sejauh ini, secepat ini. Hal yang telah dilakukan pasar tidak ada hubungannya dengan apa yang akan dilakukannnya berikutnya. Siapkan diri anda akan apa yang akan dilakukan pasar sehingga anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mempertahankan keuntungan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar