Senin, 06 Agustus 2012

Pengembangan Diri

Apabila anda ingin menjadi seorang trader yang sukses, anda harus berusaha mengembangkan diri anda. Apabila anda belum melakukannya, anda harus menyadari bahwa pasar selalu benar dan anda bisa menghasilkan uang dari pasar selama anda tidak menerapkan pikiran yang kaku terhadap perilaku pasar. Dengan kata lain, jangan terjebak dalam satu pendapat dan menolak mengakui bahwa anda bisa saja salah tentang arah pergerakan pasar. Setiap trader yang sukses menyadari bahwa mereka bisa salah dan benar dengan mudah.

Anda harus melepaskan ketakutan menjadi salah sehingga anda bisa melihat dan mengobservasi pasar secara objektif. Apabila anda tidak bisa melepaskan ketakutan itu, ketakutan tersebut akan menyebabkan anda membuat kesalahan dan keputusan trading yang buruk.hal ini terjadi karena apabila anda berkonsentrasi pada ketakutan anda, hal itu akan membuat alam bawah sadar anda untuk bertindak sesuai dengan ketakutan tersebut dan menyebabkan kerugian yang berusaha anda hindari. Hal itu akan terjadi setiap saat. Itulah caranya alam bawah sadar kita bekerja. Apa yang anda pikirkan itulah yang anda dapatkan. 

Untuk mengembangkan diri sebagai seorang trader, anda harus menetapkan seperangkat aturan main untuk memandu perilaku dagang anda. Anda harus belajar untuk tidak lepas dari peraturan ini tidak peduli seberapa besar godaan untuk melawannya. Dan percayalah, akan ada banyak godaan untuk melawan aturan. Rasa takut tertinggal akan menyebabkan keinginan untuk melawan aturan (khususnya di awal). Tapi anda harus menghindari melawan aturan tidak peduli berap besar godaannya. Aturan anda adalah hal yang akan menjaga anda untuk selalu bertindak berdasarkan kepentingan utama anda. Jelas, melawan aturan bukanlah bertindak berdasarkan kepentingan utama anda.

Hal terpenting dari pengembangan diri adalah belajar untuk menjadi objektif dan menghindari perangkap ilusi. Di sisi lain, apabila anda menolak untuk mengakui kesalahan anda dengan cara menyalahkan pasar atu faktor lain, maka jelaslah anda terperangkap dalam ilusi. Apabila ini kejadiannya, pengembangan diri anda akan sangat sulit dan hampir tidak mungkin.

Untuk mengembangkan diri anda, anda harus jujur kepada diri anda sendiri. Hanya anda yang bertanggung jawab terhadap hasil yang anda hasilkan. Menyalahkan pasar, pialang, trader lain, atau apapun hanya akan memperlambat proses pengembangan diri anda. Semakin sedikit ilusi yang kita percayai, semakin kita bisa melihat realitas dengan jelas, baik di dalam pasar maupun di dalam diri kita. Semakin jelas pemikiran kita, semakin kita akan belajar dan tumbuh. Dan akan lebih mudah membuat keputusan pasar yang baik di dalam situasi tersebut, karena anda memiliki kebiasaan untuk bertindak berdasarkan kepentingan utama anda. Dan seperti kebiasaan buruk, kebiasaan baik pun bisa menjadi sangat kuat dan berkuasa. Tetapi butuh waktu dan usaha.

Tidak ada orang yang suka mengakui kesalahan mereka, tetapi inilah yang harus kita lakukan untuk mengembangkan diri kita. Apabila kita tidak melawan kesalahan kita, kita akan terus melakukannya dan kesalahan tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan. Situasi ini harus kita hindari.

Bertanggungjawab atas segala perbuatan kita adalah langkah pertama dalam proses pengembangan diri. Menyadari bahwa hasil apapun yang kita dapat adalah akibat dari keputusan yang kita buat. Orang lain tidak bertanggungjawab. Menyalahkan orang lain hanya akan memperlambat proses belajar. Apabila anda berdagang dengan buruk dan mengalami kerugian, hal itu merupakan salah anda. Tetapi disi lain, apabila anda berdagang dengan baik dan mendapatkan uang, itu juga merupakan akibat dari perbuatan anda.

Anda akan banyak mengembangkan diri anda jika anda bisa mengakui bahwa andalah satu-satunya orang yang bertanggungjawab akan hasil yang anda dapat. Anda harus melawan kondisi yang ada di kehidupan nyata (bukan di dalam ilusi). Temukan apa yang harus anda pelajari atau ubah untuk menjadi lebih efektif, dan kemudian mulailah jadikan pengembangan diri sebagai tugas harian anda. Hal itu tidak sesusah yang anda bayangkan, dan belajar mengembangkan diri selalu berarti bertindak berdasarkan kepentingan utama anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar