Senin, 04 Juni 2012

Bertindak Berdasarkan Kepentingan utama Anda

Hal  tersebut  adalah konsep  terpenting yang bisa anda pelajari apabila anda  ingin menjadi  seorang  trader yang  sukses. Apabila  anda  bisa menguasai  kecakapan  ini,  anda  bisa menjadi  sangat sukses dalam bisnis ini. Tetapi tanpa kecakapan tersebut, anda akan gagal. semuanya sangat  mudah.  Apabila  anda  bisa  belajar  untuk  bertindak  berdasarkan  kepentingan utama  anda,  anda  akan menghasilkan  banyak  uang  dari  trading. Apabila  anda  tidak bisa  belajar  untuk  bertindak  berdasarkan  kepentingan  utama  anda,  anda  akan kehilangan banyak uang dari trading.

Apabila  anda  lihat,  pasar  (di masa  depan)  bekerja  dengan  cara  yang  sangat berbeda dengan hampir  semua hal dalam hidup. Ada  lebih banyak kebebasan dalam bisnis ini dari hampir semua bisnis di dunia. Anda bisa melakukan apa saja yang anda inginkan,  kapanpun  anda  menginginkannya,  hampir  semua  hal  bisa  anda  lakukan apabila pasar sedang terbuka. Hal yang akan menghalangi anda hanyalah apabila anda kehabisan  uang.  Selain  itu,  anda  memiliki  segala  kebebasan  untuk  melakukan  apa yang ingin anda lakukan di pasar.

Trading  sangatlah  berbeda  dengan  segala  hal  lain  yang  kita  lakukan dalam hidup.  Di  dalam  kehidupan  sehari-hari,  anda  bisa  memiliki  kontrol  (setidaknya) dengan melakukan hal-hal yang mempengaruhi lingkungan. Contohnya, apabila anda ingin  mendengarkan  musik,  anda  harus  menyalakan  radio.  Apabila  anda  menekan tombol  power,  musik  akan  terdengar  dari  radio.  Apabila  anda  tidak  menekannya, radio tersebut tidak akan menyala.

Contoh  yang  lain  adalah  ketika  anda menyalakan mobil  anda. Apabila anda memasukkan  kunci  dan  memutarnya, mobil  akan menyala  karena  anda  melakukan sesuatu  yang  menyebabkan  terjadinya  perubahan.  Apabila  anda  tidak memasukkan kunci, mobil tidak akan menyala. Anda musti merubah lingkungan (dengan memutar kunci) apabila anda ingin menyalakan mobil.

Setiap  hari  kita  melakukan  hal-hal  yang  menyebabkan  perubahan  dalam
lingkungan.  Kita  memasukkan  kartu  ke  dalam  ATM  untuk  mengambil uang.  Kita menekan  tombol di mesin pembuat kopi untuk membuat kopi di pagi hari. Ini adalah hal-hal yang bisa kita lakukan secara sadar. Tetapi disini perbedaannya:

Di dalam trading, anda  tidak bisa mengontrol apa yang akan dilakukan pasar.
Tidak peduli betapa besar keinginan anda agar pasar bergerak ke arah  tertentu,  tidak ada  yang  bisa  anda  lakukan  untuk membuat  pasar  bergerak  ke  arah  tersebut. Tidak ada pekerjaan yang anda lakukan yang bisa membuat pasar bergerak sesuai keinginan anda.  Kita  tidak  bisa  menekan  tombol,  memutar  kunci,  tidak  ada  yang  bisa  kita lakukan untuk membuat pasar melakukan apa yang kita inginkan. Tidak ada satupun!

Jadi,  jika kita  tidak  bisa mengontrol  pasar  dan  apa  yang  akan  dilakukannya, hal  yang  bisa  kita  lakukan  untuk mencapai  kesuksesan  adalah mengontrol  diri  kita sendiri.  Hal  tersebut  lebih  mudah  untuk  dikatakan  daripada  dilakukan.  Tapi  itulah kenyataan dari perdagangan yang sukses. Sekali lagi, anda tidak bisa mengontrol apa yang  akan  dilakukan  pasar,  jadi  anda  musti  bisa  mengontrol  apa  yang  akan  anda lakukan.

Saya  telah  bertemu  ratusan  trader  dan  sayangnya,  kebanyakan  dari  mereka mengalami  kegagalan  dalam  trading. Kebanyakan  dari mereka  tidak  pernah  belajar tentang kecakapan-kecakapan yang harus dimiliki untuk menjadi  sukses. Kebanyakn dari  mereka  memfokuskan  diri  untuk  menemukan metode  teknis  atau  sistem  yang sempurna,  dan  hanya  sedikit  yang  menyadari  bahwa  hal  tersebut  hanyalah  sebuah elemen kecil dari keseluruhan sistem yang sesungguhnya.

"Seseorang  yang  memiliki  disiplin  diri  yang  baik  dan  metode  trading yang buruk akan mengalahkan seseorang yang memiliki disiplin diri yang buruk dan metode trading yang terbaik saat itu."

Kemampuan  untuk  bertindak  sesuai  dengan  kepentingan  utama  jauh  lebih penting daripada menemukan teknik trading yang sempurna. Seperti yang sering saya katakan,  "Seseorang yang memiliki disiplin diri yang baik dan metode  trading yang buruk  akan  mengalahkan  seseorang  yang  memiliki  disiplin  diri  yang  buruk  dan metode trading yang terbaik saat itu". Hal tersebut akan selalu terjadi.

Seringkali, saya berbicara dengan orang-orang yang mendapatkan keuntungan sangat besar dalam beberapa perdagangan. Sebagai contoh, saya  ingat waktu dimana seseorang menelepon  saya  dan  dan memberi  tahu  saya  dia  telah mendapatkan  800 poin  di  dalam  tiga  perdagangan  S&P  (nilainya  sekitar  USD  6000).  Tetapi  bahkan dengan  keuntungan  besar  ini,  trader  tersebut  masih  kehilangan  uang  dalam perdagangan.  Ketika  saya  tanya  kenapa  ia  tidak  menggunakan  stop  order  untuk mengunci  keuntungannya,  dia  berkata  bahwa  dia  masih  mencari  keuntungan  yang lebih besar. Saat itu saya tahu bahwa orang ini tidak memiliki kepentingan utamanya dalam pikiran.

Tentu saja, kita semua menginginkan keuntungan yang sangat besar. Tapi satu hal  yang musti  kita  ingat  adalah  bahwa  kita  tidak  bisa mengontrol  apa  yang  akan dilakukan  psar,  jadi  kita musti  siap menghadapi  segala  kemungkinan.  Jadi  apabila seseorang  mendapatkan  800  poin  dalam  perdagangan  S&P  (bukan  merupakan  hal yang gampang)  ia harus menetapkan kepentingan utamanya dalam pikiran dan  tidak membiarkan  keuntungan  tersebut  hilang  begitu  saja,  walaupun  hal  tersebut  berarti
terlewatnya kesempatan mendapatkan kemenangan yang besar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar