Senin, 04 Juni 2012

Kesalahan Terbesar Seorang Trader

Saya  sudah  tidak bisa menghitung berapa banyak  trader yang melakukan hal ini.  Sejujurnya,  ini  mungkin  terjadi  ke  hampir  semua  trader  pada suatu  waktu. Sayangnya, bagi kebanyakan orang hal ini bisa menjadi awal dari sebuah akhir.

Seperti  yang  kita  tahu,  untuk  menjadi  trader  sukses  kita  harus  memiliki seperangkat  aturan  yang  kita  ikuti  setiap  hari. Aturan  ini  sangatlah  penting  karena mereka menentukan  struktur  perdagangan  kita dan membantu  kita menentukan  apa yang harus dilakukan, dan sama pentingnya, apa yang tidak dilakukan.

Apabila  anda  memiliki  aturan  yang  bagus  dan  solid  dan  terus  menepatinya, maka membuat keuntungan dan menghindari kerugian bisa menjadi tujuan yang bisa dipenuhi.  Tetapi  disisi  lain,  jika  anda  tidak  mengiktui  aturan  anda,  anda  akan menerima banyak kerugian daripada keuntungan. Dan inilah kesalahan besar itu, saya sering melihat hal ini terjadi kepada banyak trader.

Jika  anda  tidak mengikuti  aturan  dan  ternyata menjadi  pemenang,  anda  akan bernapas lega pada saat perdagangan berakhir. Tetapi sesungguhnya anda tidak boleh bernapas  lega. Anda  baru  saja membuat  kesalahan  yang membuat  anda  gagal  lebih cepat daripada kesalahan trading lain yang bisa anda buat.

Anda lihat, apabila perdagangan ini (saat anda tidak mengikuti aturan) berhasil, maka  dimasa  depan  anda  tidak  akan  mengikuti  aturan.  Sekali  lagi,  ini  adalah kesalahan terburuk yang bisa anda lakukan. Hal ini akan menyebabkan kerugian yang lebih besar daripada kesalahan lain yang anda buat.

Dan  hal  terburuk  adalah  sangatlah  menggoda  untuk  tidak  mengikuti  aturan sekali  saja. Tapi  anda harus belajar  tidak  ada yang namanya  "sekali  ini  saja". Anda harus mengikuti aturan setiap saat, tanpa kecuali.

Seperti yang  telah  saya katakan,  saya  telah melihat banyak  trader melakukan hal  ini. Contohnya, saya  ingat seorang  trader yang  rata-rata menghasilkan USD 500-USD  1000 .  Dia  berhasil  memenuhi  target  ini  setiap  hari,  tetapi kemudian  dia  menjadi  tamak  dan  berkata  bahwa  pasti  ada  jalan  untuk  membuat keuntungan  lebih  besar  (saya  tidak  tahu  dimana  salahnya menghasilkan  USD  500-USD  1000  per  hari). Dia memutuskan  aturannya  terlalu  ketat  dan menyebabkannya kehilangan  banyak  kesempatan.  Sehingga  dia  memutuskan  bahwa  karena  dia menghasilkan cukup bagus, maka dia akan santai terhadap aturannya agar ia bisa ikut ke  dalam  lebih  banyak  perdagangan  dengan  harapan  menghasilkan  lebih  banyak keuntungan.

Lalu  dia  mengabaikan  aturannya  selama  beberapa  hari.  Karena  itu,  dia mengambil  resiko  lebih  besar  daripada  yang  biasanya  dia  ambil.  Tapi  dia  berpikir bahwa  ini bukanlah hal besar karena  sekarang dia  rata-rata mendapat USD 2000 per hari  selama  seminggu.  Tidak  mengikuti  aturan  menghasilkan  lebih  banyak  uang buatnya. Tapi saya yakin anda sadar apa yang akan terjadi.

Selama bulan berikutnya dia kehilangan semua yang telah ia hasilkan selama 4 bulan  terakhir  (hampir USD  60.000),  dan  sekarang mulai  kehabisan  uang  sebanyak USD  200.000  yang  ia  hasilkan  setahun  terakhir  ini. Hal  ini  terjadi  karena  dia  tidak mengikuti aturannya. 

Saya  yakin  anda  akan  melewati  masa  di  dalam  karir  trading  anda  dimana (kalau  anda  belum  melewatinya)  anda  akan  tergoda  untuk  tidak  mengikuti  aturan sekali  saja.  Saya  tidak  bisa  cukup  mengingatkan  anda  tentang  betapa  besarnya kesalahan ini, khususnya jika hal ini berhasil dan memberikan keuntungan bagi anda. Menghasilkan  uang  melalui  cara  "melawan  aturan"  ini  bisa  menjadi  keuntungan paling  mahal  yang  pernah  anda  buat.  Hal  ini  bisa  membuat  anda  tidak  mematuhi aturan di waktu selanjutnya.

Hal  ini  akan  selalu menggoda,  tetapi  menghindari  godaan  dan menghindari melakukan  kesalahan  terburuk  yang  bisa  anda  lakukan  akan  membuat  anda  lebih untung.

Mengikuti  aturan  anda  secara  konsisten  adalah  satu-satunya  cara  untuk menjadi  trader yang sukses. Apabila anda memutuskan untuk  tidak mengikuti aturan sekali  ini  saja,  tidak  akan  lama  lagi  anda  akan  berada  dalam  barisan 80-90%  trader yang  mengalami  kerugian.  Jangan  biarkan  anda  masuk  dalam  hitungan  tersebut. Selalu patuhi aturan main anda. Jangan sampai ada kata-kata "sekali ini saja".
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar