Rabu, 15 Agustus 2012

Keserakahan

Dalam bisnis ini, sangat mudah untuk menjadi serakah. Mudah untuk berpikir berapapun yang anda dapat belumlah cukup. Jika anda mendapat keuntungan 200 poin, anda ingin 300. Jika anda dapat 300, anda ingin 400. Kekurangan rasa puas adalah alasan utama mengapa orang tidak berhasil dalam perdagangannya.
 
Mungkin cara menghandari keserakahan dalam trading adalah menemukan sebab mengapa sangat gampang menjadi serakah di dalam pasar. Akar ketamakan datang dari kepercayaan bahwa sesuatu tidak akan pernah cukup. Ketika pasar terus bergerak, bukankah mungkin mendapat lebih banyak? Seorang yang tamak tidak akan pernah puas, mereka selalu menginginkan lebih tidak peduli berapa yang mereka punya. Tampaknya alasan kenapa orang menjadi serakah ketika berdagang adalah karena mereka memasukkan faktor non-pasar (seperti misalnya kebutuhan besar mereka terhadap uang, kenapa mereka membutuhkannya, mereka tidak sanggup kehilangannya, dsb.) ke dalam pasar dan mengaplikasikannya dalam perdagangan mereka.

Tapi hal ini tidak masuk akal karena faktor-faktor non-pasar tersebut tidak ada hubungannya dengan pergerakan arah pasar. Walaupun faktor-faktor tersebut mungkin benar adanya, tetapi sekali lagi tidak ada hubungannya dengan kemana tujuan pasar. Jadi membiarkan hal-hal tersebut mengontrol keputusan perdagangan membuat anda tamak. Hal itu membuat anda menginginkan lebih daripada yang mungkin ditawarkan pasar. Dan hal itu membuat anda tidak bertindak berdasarkan kepentingan utama anda.
 
Sehingga, anda bisa dengan mudah tergoda untuk berpikir ada lebih banyak uang dalam perdagangan ini karena anda ingin lebih banyak uang yang berakibat anda terus berharap dan berdoa. Dan seperti yang telah kita bicarakan tadi berharap dan berdoa bukanlah tindakan yang sesuai dengan kepentingan utama anda. Berharap dan berdoa tidak akan menghasilkan uang.
 
Mungkin anda mengingat ketika Michael Douglas dalam film Wall Street mengatakan, “keserakahan itu bagus!” Anda tahu apa? Dia sangat salah. Mungkin hal itu terdengar bagus di film, tapi tidak dalam kenyataan di dunia trading. Menurut pendapat saya, ketamakan akan memperpendek karir trading anda lebih cepat dari kesalahan apapun yang mungkin anda buat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar